Connect with us

Kabar Desa

Usai Dilantik, BPD Simoangin–angin Langsung Tancap Gas

Diterbitkan

||

Anggota BPD Simoangin - Angin bersama Forkopimka Kecamata Wonoayu. (par)

Memontum Sidoarjo – Dilantiknya lima orang anggota BPD ( Badan Permusyawaratan Desa ) Desa Simoangin – Angin Kecamatan Wonoayu menjadi formasi baru jajaran pemerintahan desa setempat. Selanjutnya antara Pemdes dan BPD harus mempunyai semangat yang sama dalam membangun desa.

Hal itu disampaikan Camat Wonoayu, H Abdul Kifli usai mengambil sumpah dan janji BPD Simoangin-angin , Menurutnya bahwa keduanya harus bersinergi. Dalam pelantikan itu hadir segenap anggota pemerintah desa dan tokoh masyarakat.

Mereka yang dilantik sebagai BPD periode 2019 – 2025 tersebut adalah Suparto, Nur Salim, Heru Setiawan, dan Desy Fitriyana Nufiz. Kelimanya mempunyai kualifikasi sebagai wakil warga .Pasalnya sebelumnya mereka dipilih langsung oleh warga diantara kompetitor lain dilingkungannya masing masing.

” Saya berharap BPD dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa dengan jalan menampung aspirasi warga dan memberi masukan kepada Pemdes,” katanya.

Lebih lanjut Camat yang juga Ustad itu mewanti- wanti bahwa fungsi BPD sebatas sebagai kontrol di desa sementara Pemdes adalah pengguna anggaran, adapun pemeriksaan adalah kewenangan inspektorat.

Semangat membangun nampak dari aura wajah mereka saat dilantik. Terwujud dengan komentar Heru Setiawan yang ingin mengakomodasi aspirasi warga dan disampaikan kepada Pemerintah Desa.

” Saya dipilih untuk mewakili warga. Aspirasinya akan saya sampikan kepada desa melalui musyawarah, yang tentunya akan disinkronkan dengan program desa. Pastinya kami akan bersinergi membangun desa,” janjinya. (par/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Jalan Tarik-Mlirip Rowo Rusak Parah, Warga Pasang Kursi Rusak di Tengah Jalan

Diterbitkan

||

Kursi rusak ditaruh di tengah jalan oleh warga Desa Desa Singogalih. (par)
Kursi rusak ditaruh di tengah jalan oleh warga Desa Desa Singogalih. (par)

Memontum Sidoarjo – Tidak asing lagi, ruas jalan Tarik – Mlirip Rowo menjadi langganan kerusakan padahal setiap tahun selalu ada perbaikan. Dengan kondisi yang seperti ini terkesan, jalan tersebut dinomer duakan oleh pihak Dinas PUPR dan Sumber Daya AIR Kabupaten Sidoarjo.

Faktanya, saat ini beberapa ruas jalan di Sidoarjo ditingkatkan namun akses jalan warga Tarik menuju Mojokerto tersebut kerusakannya semakin parah dan lebih merata. Kerusakanya hampir sepanjang 5 Km dari Desa Tarik sampai Desa Kedungbocok.

Sementar Camat Tarik Iswadi Pribadi usai mengadakan rapat di Desa Mlirip Rowo dan melewati jalan itu (Rabu, 27/5/2020) saat dihubungi menyatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan beberapa kali terkait kondisi jalan itu kepada pihak PUPR Kabupaten Sidoarjo,” Saya sudah menyampaikan beberapa kali ke Dinas. Mungkin anggarannya dikepras sehingga perbaikanya menjadi tertunda,” jelasnya.

Sementara itu, saat ini kondisi paling parah terjadi di dua titik yakni di Desa Tarik dan Desa Singogalih. Karena sering terjadi pengendara sepeda motor yang jatuh, warga setempat dengan swadaya menguruk kubangan jalan dengan sertu dan menatai dengan paving.

Kekecewaan warga kepada Pemda Sidoarjo atas kondisi jalan itu dan untuk memberi tanda tanda bagi yang lewat, ditempatkanlah kursi ditengah jalan yang rusak itu. Sebagaimana dikatakan oleh Nita warga RT 1 RW 1 Desa Singogalih
.

” Sejak bulan puasa dulu kursi itu ditaruh warga , agar menjadi tanda tanda bagi yang lewat, ” tuturnya. (par/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Pasien Covid-19 Asal Balongbendo Dinyatakan Sembuh dan Diperbolehkan Pulang

Diterbitkan

||

SEMBUH - Pemerintah Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo menyambut kedatangan Ny Riyayah (45) pasien Covid-19 sembuh didampingi petugas Polsek, Koramil dan keluarga, Minggu (17/05/2020) malam
SEMBUH - Pemerintah Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo menyambut kedatangan Ny Riyayah (45) pasien Covid-19 sembuh didampingi petugas Polsek, Koramil dan keluarga, Minggu (17/05/2020) malam

Memontum Sidoarjo – Kedatangan Ny Riyayah (45) pasien Covid-19 yang terpapar positif virus Corona disambut isak tangis bercampur gembira sanak keluarga beserta tetangganya, Minggu (17/5/2020) malam.

Warga Dusun Besuk, Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo ini tidak menyangka bisa sembuh dengan cepat saat terpapar Covid-19. Dia dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang oleh tim medis RSU Anwar Medika setelah dirawat selama 20 hari.

Pj Kepala Desa Jabaran, Supriyo mengatakan kepulangan Riyayah sekitar pukul 18:30 WIB. Sebelum menyambut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan lingkungan setempat baik RT dan RW. Selain itu, melibatkan pihak petugas Polsek, Koramil, Kecamatan Balongbendo, BPD dan Bidan Desa.

“Sekarang warga kami ini sudah dinyatakan sembuh dan bisa pulang. Alhamdulillah, selama ini Covid-19 yang meresahkan dan ditakuti ternyata bisa disembuhkan. Contohnya Ny Riyayah ini,” katanya Minggu (17/5/2020) malam.

Lebih jauh, Supriyo memaparkan meksi dinyatakan sudah sembuh, akan tetapi pihaknya tetap akan menganjurkan untuk isolasi mandiri di rumah. Tetapi keluarga dan anaknya sudah diperbolehkan untuk berinteraksi dan bisa diterima di lingkungan.

“Karena yang bersangkutan dulu juga diisolasi mandiri di rumah,” urainya.

Supriyo meminta pasien yang sembuh ini agar bisa diterima di tengah-tengah lingkungan masyarakat baik RT, RW maupun warga sekitar.

“Jadi tidak perlu ditakuti atau divonis macam-macam. Karena dia sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang,” pintanya.

Bagi Supriyo sejak warganya dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Pemerintah Desa Jabaran selalu menghimbau warga untuk saling menjaga lingkungan masing-masing dengan menjaga jarak, memakai masker, sering cuci tangan dan penyemprotan disinfektan dengan cairan ramah lingkungan.

“Selama Ny Riyayah sembuh dan sudah diperbolehkan pulang Pemdes Jabaran akan tetap melakukan penyemprotan disinfektan. Semoga tidak ada lagi warga yang terkena Covid-19. Kesembuhan ini berkat doa dari semua masyarakat,” pungkasnya. Wan/yan

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Bumdes Ploso Jaya Ploso Salurkan Sembako Gakin

Diterbitkan

||

Bumdes Ploso Jaya Ploso Salurkan Sembako Gakin

Memontum Sidoarjo – Kepedulian warga Desa Ploso, Kecamatan Krembung terhadap keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 patut ditiru. Sebanyak 130 Kepala Keluarga (KK) asal Desa Ploso mendapat bantuan sembako yang berasal dari uluran tangan dana pribadi para tetangganya.

Selain hasil dari urunan warga, dana bantuan itu juga berasal dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ploso, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Jum’at (15/05/2020).

Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada warga tidak mampu (gus)

Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada warga tidak mampu (gus)

“Kami mengapresiasi langkah warga Ploso yang sudah peduli kepada sesama warga kurang mampu. Kami merasa bangga dan merasa senang karena ada pembagian bantuan yang diambilkan dari urunan warga sendiri serta hasil usaha Bumdes. Langkah ini bagus sekali karena di tingkat desa sendiri sudah sampai berupaya untuk berpikir secara keras mencari bantuan untuk membantu kepada sesamanya,” kata Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin

Selain itu, Cak Nur yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo ini juga mengapresiasi Bumdes Ploso yang peduli dan memberikan manfaat kepada keluarga kurang mampu. Kedatangan Cak Nur sekaligus memberikan bantuan 50 paket sembako yang diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Ploso untuk dibagikan kepada warganya.

“Kami melihat Bumdes ini memberikan manfaat yang luar biasa. Salah satunya memberikan sembako. Karena itu saya datang ini merasa bangga dan memberi apresiasi positif bukan karena jumlahnya tetapi niat baik dan usaha yang mulia ini diberikan balasan yang baik. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi baik dan menjadi contoh untuk daerah lain untuk membantu sesama,” pungkasnya

Sementara Pj Kepala Desa Ploso Slamet Pamuji mengatakan, alhamdulillah niat baik dan usaha bantuan ini melalui Bumdes Ploso Jaya dapat tersalurkan. Hal ini bantuan dari partisipasi para donatur warga sekitar, sehingga dapat bermanfaat dan membantu sesama, ucapnya

Seperti apa yang dikatakan Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. ” Pemerintah Desa Ploso mengapresiasi langkah warga, atas kepedulian kepada sesama warga kurang mampu. Kami merasa bangga dan merasa senang karena ada pembagian bantuan yang diambilkan dari urunan warga sendiri serta hasil usaha Bumdes, ” tandasnya (gus/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Terpopuler