Connect with us

Kabar Desa

Janda Watutulis Optimis Sukses, Setelah Terima Hibah Program Jalin Matra

Diterbitkan

||

Kepala Desa Watutulis, Warsono menyerahkan bantuan program Jalin Matra didampingi koordinator pendamping Kabupaten Kasmuin. (par)
Kepala Desa Watutulis, Warsono menyerahkan bantuan program Jalin Matra didampingi koordinator pendamping Kabupaten Kasmuin. (par)

Memontum Sidoarjo – Misnah bersama 17 orang KRTP Kepala Rumah Tangga Perempuan ) Desa Watutulis mempunyai harapan baru untuk meningkatkan taraf hidupnya. Itu setelah mendapat bantuan modal usaha dari program Jalin Matra dan Feminisasi kemiskinan.

Bantuan berupa barang barang yang dapat mendukung kegiatan usahanya masing masing. Misnah menyebutkan barang barang yang diterima dibutuhkan untuk warung .” Barang- barang di warung saya sudah jelek dan harus diganti dan bahan dagangan sangat membatu, sehingga tidak perlu beli ke toko ,” tuturnya.

Sementara untuk mendorong keberhasilan program Provinsi Jawa Timur itu , Kepala Desa Watutulis, Warsono menghimbau agar para KRTP penerima bantuan membentuk paguyuban sebagai sarana bertukar pikiran .

” Alangkah baiknya para penerima bantuan membentuk paguyuban untuk berdiskusi bersama mengevaluasi masing- masing usahanya, disamping ada pembinaan dari pendamping desa. Sehingga apa yang sudah terlaksana dapat berhasil dan membekas di desa ini,”harapnya.

Program Jalin Matra atau Jalan Lain Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera yang terlaksana sejak 2014 tersebut adalah membantu warga sesuai dengan kemampuannya. Progran ini memberikan barang yang dibutuhkan.

Tentunya dalam perjalanan tidak semuanya berhasil. Oleh karenanya diharapkan para penerima menyampaikan apa adanya bila ada monitoring. Sebagaimana dipesankan oleh H. Kasmuin, koordinator pendamping Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan para penerima menyampaikan apa adanya kindisi usahanya bila ada monitoring. “ Jangan kawatir ini hibah murni, namun sedapat mungkin diusahakan berhasil,” jelasnya. (par/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Desa

Lawan Corona, Polsek Semprot Pasar Krembung, Sisir Warkop Tempat Nongkrong

Diterbitkan

||

Lawan Corona, Polsek Semprot Pasar Krembung, Sisir Warkop Tempat Nongkrong

Memontum Sidoarjo – Perang melawan virus Corona (Covid-19) terus dilakukan semua pihak. Seperti halnya yang dilakukan, Polsek Krembung beserta jajarannya. Polsek di bawah Kepemimpinan AKP Purwanto ini melaksanakan penyemprotan desinfiktan pada tempat-tempat keramaian, Rabu (1/04/2020) siang kemarin

Purwanto menegaskan penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus penyebaran mata rantai virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan dengan menyemprot tempat-tempat keramaian.

SIGAP : Polsek Krembung gotong-royong semprot disinfektan di stand pasar Krembung (gus)

SIGAP : Polsek Krembung gotong-royong semprot disinfektan di stand pasar Krembung (gus)

“Kita bersinergi dengan Koramil, UPTD Pasar, UPTD Puskesmas, Pol PP meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19), melalui penyemprotan disinfektan. Sasaran kami tidak hanya pada rumah warga dan pertokoan. Stand pasar turut menjadikan atensi penyemprotan disinfektan,” ungkap Purwanto

Menurutnya , langkah ini dilakukan untuk menindak lanjuti . Himbauan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Maklumat Kapolri dalam mendukung keselamatan masyarakat. “Kami menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Krembung untuk mematuhinya, agar semuanya dapat terhindar dari virus corona (Covid-19),” ungkapnya.

Lebih lanjut Purwanto mengatakan jika proses penyemprotan disinfektan berjalan aman dan lancar. Hal ini tidak berhenti sampai disini saja, namun terus akan dilakukan di tempat yang lain.

Selain penyemprotan anggota juga melakukan patroli maupun penyisiran pada tempat-tempat keramaian. “Warung kopi, serta tempat-tempat tongkrongan, tetap akan ditertibkan, dan dibubarkan jika masih diketahui melayani pembali. Ini sesuai edaran Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan maklumat Kapolri,” tandas Purwanto (gus/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Cegah Corona, Pemdes Pejarakan Semprotkan Disinfektan

Diterbitkan

||

Kompak : Pj Kepala Desa Pejarakan, Mahfud beserta Perangkat Desa, Kader, Karang Taruna melakukan penyemprotan disinfektan kerumah warga (gus)
Kompak : Pj Kepala Desa Pejarakan, Mahfud beserta Perangkat Desa, Kader, Karang Taruna melakukan penyemprotan disinfektan kerumah warga (gus)

Memontum Sidoarjo – Mencegah wabahnya virus corona (Covid-19), Pemerintah Desa Pejarakan, Kecamatan Jabon, melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. Penyemprotan diprakarsai Pejabat Kepala Desa Pejarakan, Mahfud, Selasa (31/3/2020) pagi

Mahfud mengatakan penyemprotan disinfektan kerumah warga itu, sebagai langkah pencegahan virus corona (Covid-19). Ha itu dilakukan bersama-sama dengan perangkat Desa, Lembaga, BPD, Kader, dan Karang Taruna.

” Di lokasi pemukiman warga, Pemerintah Desa juga melakukan sosialisasi tata cara gerakan cuci tangan yang bersih dan benar. Berpola pikir hidup sehat, mengonsumsi buah, sayuran untuk menjaga kesimbangan stamina tubuh, berolah raga yang rutin dan menggunakan masker jika bepergian, ” kata Mahfud

Sasaran penyemprotan disinfektan ini tidak hanya pada pemukiman warga saja. Tetapi sarana fasilitas umum dan ibadah, seperti musholla, masjid, sarana pendidikan, perkantoran, dan lain-lainnya akan juga turut disemprot disinfektan.

Sebelumnya beberapa hari lalu, tutur Mahfud Forkopimpka Jabon dengan UPTD Puskesmas juga bertandang ke Desa Pejarakan untuk sosialisasi sekaligus penyemprotan disinfektan.

” Alhamdulillah, penyemprotan disinfektan ini wujud bentuk program lanjutan kepada warga. Sehingga warga kedepan dapat terhindar dari virus corona (Covid-19), ” terang Mahfud

Sesuai anjuran, maupun himbauan dari Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten Sidoarjo, dan maklumat Kapolri. Mari dipatuhi bersama-sama dan tetap di rumah, agar semua dapat terhindar dari virus corona.

” Kami selaku Pemerintah Desa Pejarakan, berharap keterbukaan informasi serta turut peran warga dan saling menjaga satu dengan lainnya,” tutupnya (gus/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Kabar Desa

Forpimka Jabon Gencar Sosialisasi Cegah Virus Corona

Diterbitkan

||

Kepala UPTD Puskesmas Jabon dr. Djoko Setijono (baju batik) bersama tim Forkopimka Jabon memberikan sosialisasi bahaya virus corona (gus)
Kepala UPTD Puskesmas Jabon dr. Djoko Setijono (baju batik) bersama tim Forkopimka Jabon memberikan sosialisasi bahaya virus corona (gus)

Memontum, Sidoarjo – Disaat terjadi wabah Virus Corona (Covid-19), Forkopimpka Jabon dan UPTD Puskesmas Jabon, tiada henti terus melakukan sosialisasi kedesa-desa. Hal itu dilakukann sebagai upaya pencegahan atau memutus mata rantai virus corona (Covid-19).

Sosialisasi dilakukan oleh Kepala UPTD Puskesmas Jabon dr. Djoko Setijono. Dalam kegiatan itu warga langsung diberi wawasan, pengetahuan tata cara gerakan mencuci tangan yang bersih dan sehat, Senin (30/3/2020) siang

dr Djoko mengatakan, sosialisasi dengan materi tata cara cuci tangan yang bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan, serta pemasangan spanduk himbauan pada seluruh desa diwilayah Kecamatan Jabon. Hal itu dilakukan agar masyarakat, dapat berpola fikir hidup sehat dan mencegah virus corona (Covid-19).

“Kami bersama-sama Forkopimpka Jabon, Camat, Polsek, Koramil, Satpolpp terus melakukan patroli, penyisiran sosialisasi ketempat-tempat keramaian bahkan ke desa-desa. sarana ibadah, Masjid, Musholla, Pondok Pesantren serta falitas lainya turut disemprot disinfektan, ” terang dr Djoko

Dikatakan Djoko , pihaknya sudah membentuk tim satgas beberapa hari lalu. Maka dari itu warga bermukim di utara sungai Porong (Brantas), dapat terjangkau dan intinya bagi tugas. Dikarenakan wilayah Kecamatan Jabon, ada dua yakni diutara sungai dan selatan sungai Porong.

“Kami berharap, kepada seluruh masyarakat wilayah Kecamatan Jabon, setelah dilakukan penyemprotan Disinfektan ini, warga memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Makanan ini sebagai vitamin penyeimbang maupun keseimbangan menjaga stamina tubuh, agar tubuh tetap sehat juga berolah raga yang rutin serta menggunakan masker,” terang Djoko. (gus/yan)

 

Lanjutkan Membaca

Terpopuler