Kabar Desa

Pilkades Serentak Sidoarjo Digelar 20 September 2020

Diterbitkan

-

SIAP BERTARUNG - Lima Calon Kepala Desa (Cakades) Jati, Kecamatan Sidoarjo siap bertarung lagi usai penetapan waktu pelaksanaan Pilkades Serentak, Rabu (05/08/2020)
SIAP BERTARUNG - Lima Calon Kepala Desa (Cakades) Jati, Kecamatan Sidoarjo siap bertarung lagi usai penetapan waktu pelaksanaan Pilkades Serentak, Rabu (05/08/2020)

Memontum Sidoarjo – Ketidakpastian dan gonjang-ganjing pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 174 desa di Sidoarjo mulai ada titik terang. Ini menyusul dikeluarkannya, Surat Keputusan Bupati Nomor 188/563/438.1.1.3/2020 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak yang bakal digelar Minggu (20/09/2020) mendatang.

“Pilkades Serentak bakal digelar 20 September 2020 besok. Itu sudah pasti karena saya baru menandatangani Surat Keputusan (SK) Bupati Pilkades itu,” terang Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Rabu (05/08/2020).

Lebih jauh, Wabup Sidoarjo yang akrab dipanggil Cak Nur menjelaskan untuk Tahapan Pilkades yang sempat tertunda itu, sudah bisa segera kembali digelar. “Untuk detail teknis pelaksanaan akan dirapatkan besok, Kamis (06/08/2020) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan tim FKM Epidemiologi Unair,” tegasnya.

Ditanya soal surat permohonan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Cak Nur mengaku surat itu sudah dikirim ke Mendagri RI.

Advertisement

“Yang jelas pelaksanaan Pilkada 20 September itu,” jelasnya.

Sementara penetapan pelaksanaan Pilkades Serentak ini mendapat respon positif anggota Komisi A DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan. Menurutnya, keputusan ini sudah memberikan kepastian bagi para Calon Kepala Desa (Cakades) yang ingin maju di Pilkades dan sudah mendapatkan nomor urut itu.

“Minimal keputusan ini, para Cakades tidak bertanya-tanya lagi kapan pelaksanaan Pilkades,” ungkapnya.

Kendati demikian, mantan Ketua DPRD Sidoarjo ini meminta Pemkab Sidoarjo bergerak cepat dalam menyusun jadwal pelaksanaan Pilkades. Yakni dengan tetap mengacu pada pelaksanaan protokol kesehatan lantaran pandemi Covid-19 belum selesai. “Meski di tengah pandemi Covid-19,

Advertisement

kami berharap Pilkades berjalan kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona,” tandasnya. (wan/ono)

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas