Pemerintahan

Asisten Adimistrasi Pemkab Sidoarjo Bekali Ilmu Pemerintahan ke BPD

Diterbitkan

-

Dr. Heri Soesanto, DH. MH, Asisten Administrasi dan Kesra Sekertariat Daerah Kabupaten Sidoarjo menyampaikan meateri pedoman anggota BPD (par)

Memontum Sidoarjo – Sebanyak 88 orang anggota BPD dari 5 desa di Kecamatan Wonoayu dan 9 desa dari Kecamatan Sukodono mendapat pembekalan ilmu pemerintahan desa. Mereka adalah anggota BPD yang baru dilantik beberapa waktu lalu sehingga masih butuh informasi terkait dengan Tupoksinya.

Sebagai nara sumber adalah Dr Heri Soesanto, Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesra. Menurutnya sebagai wakil masyarakat dalam perjalanan pemerintahan desa, BPD harus mampu memberi nilai manfaat kepada perintah desa. ” BPD adalah mitra penyelenggara pemerintah desa sehingga BPD harus mampu memberi nilai manfaat bagi pemerintah desa, ,” jelasnya.

Pemerintahan desa, diharapkan BPD berperan aktif mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan inisiatifnya menciptakan peluang ekonomi bagi warga. Dicontohkan Heri, branding suatu produk dengan ke khasan bersama akan menjadi daya tarik tersendiri.

“Suatu produk yang khas suatu desa bila dibranding secara kolektif dan apik akan menjadi daya tarik yang dapat menciptakan peluang ekonomi warga. Disinilah , anggota BPD dituntut untuk dapat berinovasi memberi masukan pada desa,” tuturnya.

Advertisement

Sementara itu, Elvianto, peserta dari Desa Sawocagkring Kecamatan Wonoayu dengan dua kali masa jabatan saat ini, menyatakan bahwa agar terjalin keharmonisan dengan pemerintah desa , anggota BPD agar tidak mengambil peran yang berlebihan dalam pengawasan.

” Bila menganggap pemerintah desa kurang fair dalam penggunaan anggaran, sebaiknya tidak menjustifikasi Kepala Desa. BPD bisa memohon kepada inpektorat untuk memeriksa dari apa yang diragukannya itu,” katanya. (par/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas